Jumat, 09 Januari 2009

Buatlah GOL (Tujuan) Yang Jelas

Inilah langkah pertama untuk sukses. Goal anda adalah misalkan: “ANDA HARI INI LEBIH BAIK DARI ANDA YANG KEMARIN”. Goal seperti ini sudah tepat, tapi belum jelas lebih baiknya itu dari sisi apa? Nah, untuk ini anda harus membuat goal yang seperi contoh:

“dapat nilai A untuk semua pelajaran di semester ini”
“jadi artis sinetron remaja pada tahun 2010”
“menghasilkan uang Rp. 3.000.000.- dari bisnis online bulan april”
“menguasai Microsoft office”
Dan sebagainya.

Goal seperti ini hebat khan?
Jadi pertama anda harus buat goal yang HEBAT, tidak setengah-setengah.

Goal yang hebat membuat anda bersemangat untuk mencapainya. Karena kalau goalnya ringan anda pasti akan meremehkannya dan tidak serius dalam berusaha nantinya.
Kemudian yang keduabuatlah goal yang JELAS.
Goal “menguasai Microsoft office” adalah goal yang jelas, goal ini akan menjadi tidak jelas anda menetapkan sebagai “menguasai keterampilan computer” keterampilan yang mana? Keterampilan computer khan banyak. Jadi goal itu harus JELAS.
Setelah hebat dan jelas, buatlah goal itu TERUKUR.
Maksudnya ada batasan waktunya. Karena bila tidak terukur waktu, maka anda tidak akan terpacu seperti tadi “menguasai Microsoft office” goal ini sudah hebat dan jelas tapi belum terukur, kapan anda menguasai microsof office karena itu tetapkanlah waktu pencapainya.
Satu yang mesti di ingat. Waktu pencapaian yang terlalu lama bisa membuat anda lupa pada goal itu. Dan waktu pencapain yang terlalu singkat akan membuat anda stes karena susah mengatur waktu. Jadi tetapkanlah goal yang HEBAT, JELAS dan TERUKUR.

1 komentar:

  1. Anonim1/16/2009

    kalo "aku harus nikah tahun ini" itu termasuk goal yang hebat bukan? He..He..He..

    BalasHapus