Jumat, 13 Februari 2009

apakah ilmu sosial itu?

menurut survey pada tahu 1987 telah terdapat 5,000 sekolah menengah pertama. survey itupun menunjukkan bahwa mereka tidak memahami geografi. para pelajar kota boston diberi pertanyaan. satu pertiga dari mereka tidak dapat menyebutkan enam nama kota bagian dari negara inggris. para pelajar kota baltimor diber pertanyaan. setengah daari mereka tadak dapat membuat bayangan negara amerika serika kedalam sebuah peta. disini pun terlihat apa yang survey lainnya tunjukkan. para pelajar tidak mengetahui sejarah. banyak yang tidak mengetahui kapan terjadinya perang saudara. beberapa tidak mengetahui pemimpin perang dunia ii.
seseorang diantara mereka menjawab pertanyaan berikut. apakah yang para pelajar pikirkan tentang ilmu sosial? jawabanya: ilmu sosial tidak begitu penting. mereka berkata kurang begitu penting pada pelajaran mereka.
apakah ilmu sosial itu? ilmu sosial adalah pelajaran tentang individu-individu. ilmu sosial juga adalah pelajaran mengenai kelompok-kelompok. ilmu ini juga adalah pelajaran tentang hidup bermasyarakat. ilmu sosial mencakup beberapa bidang. kamu bisa mengetahui tentang sejarah dan geografi. itu semua adalah bagian dari ilmu sosial. ilmu sosial mencakup beberapa bidang lain sebai sumbernya. anggaplah belajar kamu suatu jalan seseorang untuk hidup berdampingan dalam sebuah kelompok. seperti mempelajari pemerintahan.

apakah ilmu sosial penting? awalnya orang-orang amerika berpikir demikian. para pelajar lalu mempelajari sejarah dan ilmu kewarganegaraan. semua itu membuat mereka menjadi warga negara yang baik. mnurut laporan pada tahun 1916 menetapkan sebuah pencapaian sasaran baru. laporan itu mengatakan,”ilmu sosial seharusnya menanamkamkan kesadaran menjadi kelompok pada komunitas dunia.” komunitas dunia sangat luas. tapi hari ini semua itu mudah untuk bisa berbagi didalamnya. kita memiliki radio dan tv. kita mmemiliki telepon. kita memiliki komputer.
ilmu sosial membantu kita memahami semua warga dunia. ilmu sosial membantu kita mengetahui berbagai kelompok dan kemasyarakatan. pencapaian sasaran pada tahun 1916 begitu penting.pencapaian sasaran itu bahkan lebih penting untuk saat ini. kita semua berharap untuk bisa menjadi warga negara yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar