Kamis, 13 November 2008

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian dari manajemen keorganisasian yang memfokuskan diri pada unsur sumber daya manusia untuk mengelola unsur manusia secara baik agar diperoleh tenaga kerja yang puas akan pekerjaanya.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia menurut Wahyudi (2002:10), mengemukakan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah: “Ilmu dan seni atau proses memperoleh, memajukan atau mengembangkan, dan memelihara tenaga kerja yang kompeten sedemikian rupa sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan efisien dan ada kepuasan pada diri pribadi”.

Sedangakan menurut Flippo yang diterjemahkan oleh Wahyudi (2002 : 9) mengemukakan bahwa :

Manajemen sumber daya manusia merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dari pada pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahaan sumber daya manusia ke suatu titik akhir dimana tujuan-tujuan perorangan, organisasi dan masyarakat terpenuhi.

Dari definisi di atas secara ringkas dapat dikatakan bahwa manajemen sumber daya manusia menempatkan tenaga kerja dalam organisasi tidak hanya sebagai alat produksi. Lebih dari itu, tenaga kerja merupakan asset/kekayaan organisasi yang terbentuk, sumber daya manusia mempunyai citra, rasa dan karsa yang berbeda-beda, sehingga harus dikelola dengan pendekatan yang lebih manusiawi. Pendekatan sistem sosial yang menempatkan manusia sesuai dengan harkatnya sebagai mahluk sosial.

Manajemen sumber daya manusia adalah faktor sentral dalam suatu organisasi. Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia. Jadi, manusia merupakan faktor strategis dalam semua kegiatan institusi atau organisasi.

2 komentar:

  1. Anonim1/16/2009

    mas bisa minta daftar pustakanya ga?
    butuh nih buat tugas... pls!!

    BalasHapus
  2. Anonim1/16/2009

    oh ya lupa kirimin ke emailku yah di
    alitpican@ahoo.com
    makasih mas sebelumnya

    BalasHapus