Minggu, 01 Maret 2009

apakah yang dikatakan oleh confucius?

suatu saat setela tahun 771 sebelum masehi adalah masa terjadinya sebuah kerusuha di negara cina. beberapa pemikir hebat menginginkan perdamaian dan persatuan. salah satu dari pemikir hebat tersebut adalah confucius.
confucius hidup pada tahun 551 sampai tahun 479 sebelum masehi. keluarga mereka miskin tapi masih tergolong kelas bangsawan. confucius adalah seorang pelajar yang baik. dia seorang pelajar yang rajin. dia menjadi salah satu diantara sekian banyak pengajar sukses didunia. dia memberikan paham tentang bagaimana seharusnya orang hidup dalam kehidupannya. dia juga memberi keyakinan tentang bagaimana pemerintah seharusnya membuat aturan. paham dan keyakinannya memunculkan sebuah atuaran berperilaku. aturan ini disebut juga dengan confucianisme.
inilah salah satu paham dalam aturan itu kebaikan dan kebajjikan adalah sangat penting. orang-orang harus mampu berperilaku tulus,setia dan saling menghormati. mereka seharusnya melakukan itu semua khususnya terhadap keluarga mereka. aturan-aturan sebisa mungkin harus bijaksana dan memiliki nilai kebaikan. mereka seharusnya bisa memberi contoh. jika aturan-aturan telah bijaksana dan memberikan nilai kebaikan, lalu orang-orang pun juga akan menjadi bijaksana dan berbuat kebaiakan.

confucius meninggal saat berusia 72 tahun. dalam masa hidupnya, dia mengajar kepada sekitar 3,000 murid. mereka meyakini pahamnya. mereka melanjutkannya untuk mengajarkan paham tersebut. salah seorang pengikutnya bernama mencius menyebarkan paham sampai keluar negara cina. hal itu terjadi setelah 100 tahun confucius meninggal.sejak saat itu, confuciusme dikenal sampai keluar negeri.
pada waktu dinasti han, dari tahun 206 sampai tahun 220 sebelum masehi, paham confuciusme digunakan untuk menjalankan pemerintahan. dinasti han mengkombinasikan aturan yang kuat dengan paham cofucian. aturan pada dinasti ini memimpin warga dengan contoh yang baik.mereka tidak menggunakan hukuman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar