Minggu, 08 Februari 2009

apakah geografi itu?

geografi adalah sebuah bidang pelajaran yang sudah lama. geografi berawal dari negeri yunani. orang yunani menulis tentang keadaan alam sekitarnya. mereka mencatat semua benda yang berada dibumi ini. kata geografi berasal dari bahasa yunani. yang berarti “uraian keadaan bumi.”
para ahli bumi saat ini mulai menguraikan keadaan bumi. mereka menguraikan ukuran dari benua. mereka mempelajari lautan. mereka mengumpulkan data mengenai iklim. mereka memperhatikan tanaman dan kehidupan hewan. mereka selalu melihat untuk sebuah hubungan. hubungangan yang tak terbatas diantara semua itu. faktanya, suatu hubungan adalah yang terpenting dalam ilmu ini. mereka mencoba menghubungkan manusia dengan bumi.

para ahli bumi melihat hubungan antara manusia dan bumi memiliki empat arah. pertama, mereka berpikir tentang tempat. tempat yang berarti dimana manusia berada dan tinggal. tempat menjelaskan persis dimana sesuatu itu berada. tempat juga bisa menjelaskan jika sesuatu itu dekat atau jauh.
kedua, mereka memiliki hubungan dalam pelajaran. mereka menjadi tau bagaimana tempat tinggal mempengaruhi kehidupan manusia. mereka mencontohkan kenapa manusia dan benda harus berada dimana.
ketiga, mereka melihat tentang pergerakan. mereka mencatat bagaimana baiknya dan bagaimana manusia pinidah dari satu tempat ke tempat lain.
terakhir, mereka melihat pada wilayah. wilayah adalah tempat yang memiliki nama. wilayah adalah nama untuk sebuah pemerintahan. nama yang sesuai bahasa. mungkin juga nama kelompok religius. kadang juga dinamai dengan kelompok suku. mungkin juga dinamai bentuk daerah atau iklim.
peta dan globe adalah alat para ahli geografi. perhitungan sensus dan penyurveyan tanah juga merupakan alat mereka. seperti foto dan satelit. itu mampu mengetahui tentang tempat dari jauh.
ahli geografi mempelajari sesuatu benda. mereka mpempelajari iklim. mereka menguji tanah. mereka memperhatikan populasi. mereka mempelajari ekonomi. mereka mencatat bagaimana sesuatu berpengaruh terhadap yang laiannya. mereka berusaha bagaimana manusia dan bumi bisa saling terkait dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar