Kamis, 19 Februari 2009

apakah sosiologi itu?

sosiologi adalah pelajaran tentang perilaku manusia didalam suatu kelompok. sarjana yang mempelajari ilmu ini disebut dengan sosiolog. mereka pelajari kehidupan manusioa mulai dari kelompok kecil. seperti keluarga. mereka pelajari juga dalam kelompok besar. seperti kota kecil ataupun kota besar. kadang mereka bahkan mempelajari kehidupan manusia dalam kelompok yang sangat besar seperti seluruh bangsa. mereka mencoba menanamkan rasa perikemanusiaan.
sosiolog mempelajari bentuk apa saja yang jadi penyebab terbentuknya kelompok dan apa yang yang terjadi dalam kelompok tersebut. misalnya, mereka mendalami suatu kelompok suku dan segala sesuatu yang dilakukan manusia dalam kelompok ini. mereka mendalami kehidupan dalam berbagai strata sosial. mereka mendalami pengetahuan dalam menjalankan struktur organisasi. misalnya penempatan tenaga kerja. mereka menganalisa sekolah. mereka mendalami tindakan kriminal dan segala penyebabnya. mereka mempelajari bagaimana kelompok itu tinggal bersama. mereka juga sekarang mempelajari mengenai perubahan kelompok.

sosiolog juga seringkali mendalami persamaan diantara ilmu sosial lain yang mereka pelajari. misalnya, sosiolog mempelajari kelompok selama pemilu. mereka bertanya kenapa suatu kelompok memilih seorang calon. pakar politik mempelajari kelompok yang sama. tetapi mereka mendalami sesuatu yang berbeda. mereka mndalami pola dalam memilih.
bagaimana sosiolog mempelajari kelompok? salah satu jalannya adalah dengan membuat sebuah model. model adalah sebuah teori. mo9del ini akan mencoba menjelaskan seluruh kehidupan sosial. sosiolog mendalaminya dari suatu hubungan keluarga. mereka akan mencoba menemukan sebuah pola. pola tersebut membantu mereka menjelaskan kehidupan seluruh kelompok.
cara lain untuk mempelajari suatu kelompok adalah dengan mengumpulkan informasi tentang mereka. sosiolog menggunakan teknik survey. mereka mengajukan beberapa pertanyaan. mereka menggunakan ilmu statistik. mereka melakukan penelitian ilmiah.
sosiologi adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. kita mengenal suatu kelompok di suatu tempat. kita mengenal siapa yang berada dalam kelompok kita. kita mengetahui aturan. ukuran kelompok yang bervariasi. dua orang makan bersama dalam suatu kelompok. kerumunan orang banyak adalah sebuah kelompok. sosiolog ingin tahu bagaimana pengaruh suatu kelompok terhadap kehidupan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar