Senin, 23 Maret 2009

Apakah Antropologi Itu?

Bangsa yunani kuno mengamati orang-orang dari apa yang mereka taklukkan. bangsa romawi kuno mewmbuat dokumen orang-orang pada akhir masa kerajaan mereka. apa yang merek lakukan?
awalnya bangsa eropa mendengar tentang orang yang luar biasa. mereka berpikir tentang sifat alami manusia. mereka heran dengan apa yang manusia perbuat. mereka mempertimbangkan peradaban. mereka menjelajahi perjalanan menuju dunia baru. mereka kembali dengan cerita tentang manusia terkuat. para utusan pergi menuju tempat yang belum diselidiki. mereka menuliskan tentang kebudayaan baru yang mereka lihat.
lalu para peneliti pergi menuju tempat baru ini.mereka ingin mempelajari tentang seseorang melalui mereka sendiri. mereka tinggal dengan penduduk itu. mereka mengamati kegiatan hidup mereka. para peneliti tinggal bersama penduduk selama berada di amazon. adapun yang tinggal dengan penhuni pulau. yandan yang lainnya tinggal bersama suku aborigin. mereka mempelajari karakteristik fisik penduduk tersebut. mereka mempelajari kebiasaan dan habitatnya. mereka menemukan pemahaman dan merumuskan teori. apa yang para peneliti ini lakukan?
para peneliti ini sedang menggunakan ilmu antropologi. ilmu ini adalah sebuah ilmu sosial yang melihat perilaku manusia. ilmu ini melihat perbedaan diantara orang-orang. ilmu itu juga melihat sesuatu tentang pembagian manusia.
para antropolog sering melihat seseorang dalam sebuah kelompok. jadi apa yang dilakukannya sama seperti ahli sosiologi. tapi secara umum mereka melihat seseorang pada wilayah terbelakang di dunia. mereka mencoba membandingkan kehidupan pada beberapa wilayah ini. atau mereka mencoba membandingkan suatu kelompok dengan sebuah kebudayaan yang telah maju. mereka mempelajari seseorang yang memiliki kebiasaan sangat luar biasa dan juga keyakinannya. mereka juga mempelajari segala sesuatu yang memiliki persamaan di semua tempat. orang tua yang menyayangi anaknya. pentingnya keluarga. orang-orang memilih pemimpin. semua itu hanya bagaimana sesuatu itu dilakukan dengan berbeda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar