Kamis, 13 November 2008

Pengertian Manajemen

Manajemen berasal dari kata to manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dan fungsi-fungsi manajemen itu sendiri, jadi manajemen itu merupakan suatu proses untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan. Proses manajemen merupakan fase atau tahap yang harus dilalui dalam keseluruhan proses manajemen agar memberikan hasil yang optimal bagi organisasi. Pencapaian berbagai tujuan dan sasaran organisasi dijalankan melalui berbagai aktivitas tertentu yang secara sadar difahami sebagai suatu tanggung jawab manajerial. Untuk lebih jelasnya, penulis mengutip beberapa pengertian manajemen yang dikemukakan para ahli sebagai berikut :

Pengertian manajemen menurut Malayu (1999 : 27) Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan tertentu. sedangkan menurut Makharita
(dalam Soewarno 2001 : 19), mengemukakan bahwa “Manajemen adalah pemanfaatan sumber daya manusia yang tersedia atau berpotensial di dalam pencapai tujuan“.

Pengertian manajemen menurut Terry (dalam Soemardhi 1999:76), menyebutkan “Manajeman adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan Planning, Organizing, Actuating, Controlling, di mana pada tiap-tiap bidang digunakan baik ilmu pengetahuan maupun keahlian dan yang telah dilaksanakan secara berurutan dalam rangka usaha mencapai tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya”.

Model proses manajemen ini sering disebut sebagai fungsi manajemen.
Menurut Terry (dalam Soewarno, 2001:67) fungsi-fungsi manajemen tersebut meliputi antara lain :

1. Perencanaan (planning)

Perencanaan meliputi tindakan memilih dan menghubungkan fakta-fakta dari membuat serta mengembangkan asumsi-asumsi mengenai masa yang akan datang dalam hal memisualisasikan serta merumuskan aktivitas-aktivitas yang diusulkan yang dianggap perlu untuk mencapai hasil-hasil yang diinginkan.

Perencanaan yang baik haruslah merupakan suatu proses analisis yang cermat terhadap berbagai kemungkinan yang akan dihadapi organisasi dimasa depan dengan memandang berbagai kondisi yang dimiliki perusahaan dan memprediksi apa efeknya bagi perusahaan.

2. Pengorganisasian (organizing)

Pengorganisasian adalah tindakan mengusahakan hubungan-hubungan kelakuan yang efektif antara orang-orang, hingga mereka dapat bekerja sama secara efisien dan demikian memperoleh kepuasan pribadi dalam hal melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam kondisi lingkungan tertentu guna mencapai tujuan atas sasaran tertentu.

Pengorganisasian terdiri dari kegiatan membagi pekerjaan diantara kelompok, individu dan mengkoordinasikan hubungan antar kegiatan indiidu dan kelompok. Sehingga menyebabkan timbulnya sebuah struktur organisasi yang dapat berfungsi sebagai sebuah kerangka yang merupakan titik pusat bagi berbagai aktivitas yang ada.

3. Menggerakan (actuating)

Menggerakan merupakan sebuah usaha untuk menggerakan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai tujuan dan sasaran-sasaran perusahaan dan sasaran-sasaran pribadi. Dalam upaya pelaksanaan fungsi ini seorang manajer harus mampu memahami berbagai hal yang menyangkut motivasi pribadi atau kelompok, komunikasi pribadi atau kelompok serta konflik pribadi maupun kelompok. Pemahaman terhadap berbagai hal tersebut akan memberikan sumbangan yang berharga bagi seorang manajer dalm upaya menggerakan anggotanya untuk mencapai sasaran perusahaan.

4. Pengendalian (controlling)

Pengendalian berarti mendeterminasikan apa yang telah dilaksanakan, maksudnya mengevaluasi pengawasan dan apabila perlu menerapkan tindakan-tindakan korektif sehingga hasil pekerjaan sesuai dengan rencana-rencana

Dari beberapa pendapat tersebut di atas, terdapat kesamaan pengertian tentang manajemen yaitu sebagai berikut : manajemen merupakan salah satu fungsi atau kegiatan untuk menggerakan organisasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya yang dilakukan oleh orang-orang dengan menggunakan sumber-sumber yang tersedia (man, material, machine, method, money), manajeman pada dasarnya adalah alat untuk mencapi tujuan yang ingin dicapai.

1 komentar:

  1. Anonim1/16/2009

    buset yang gue cari-cari ternyata ada di sini..
    mksh bro.. ikut nyedot ah!!!!

    BalasHapus