Jumat, 20 Februari 2009

hutan hujan trofis

mungkin kamu belum pernah masuk ke dalam hutan hujan trofis. mungkin kamu belum pernah merasakan suhu dalam seumur hidup yang mencapai 70 sampai 80 derajat. mungkin kamu belum pernah merasakan iklim dengan hujan lebat yang membawa lebih dari 80 inci air hujan tiap tahun. mungkin kamu tidak pernah melihat hijaunya daun canopy yang menutup birunya langit. mungkin kamu belum pernah berada disana.tapi hutan hujan trofis telah hadir untukmu.
saat kamu mencium harumnya kopi, makan sebuah pisang, atau meneteskan kayu manis dalam minuman bersulang. hutan hujan hadir untukmu. serbuk kopi,pisang, dan kayu manis, buah nanas yang panjang,mangga, dan coklat, semua itu berasal dari hutan hujan trofis. bahkan permen karet pun adalah asli dari sana. getah sawo, bahan untuk permen karet, berasal dari pohon pada hutan hujan.
hutan hujan trofis dapat ditemukan pada daratan dekat garis katulistiwa. seperti brazi dan malaysia. mereka mencakup sekitar 2 persen dari permukaan tanahnya.
cukup banyak obat dari tumbuhan yang tumbuh pada hutan hujan trofis. misalnya obat untuk sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.
para ahli berpendapat bahwa mungkin disana masih akan ditemukan bahan obat lainnya pada tumbuhan disana.

hutan hujan trofis menyimpan banyak keanekaragaman biologi. disana terdapat tiga perempat spesies tumbuhan dan hewan.
seperti sekitar 30 juta jenis serangga hidup disana juga.
tapi bumi aka kehilangan uutan hujannya. penebangan pohon oleh penebang liar. daratan hutan dihanguskan dengan api untuk membuka lahan pertanian dan peternakan. seperti halnya yang terjadi diseluruh virginia barat adalah pembukaan hutan setiap tahun. saat pohon itu tak ada. tumbuhan tiada.hewan-hewan pun akan punah. sedikit orang memperhatikannya. mereka yakin bahwa keberadaan hutan hujan penting sekali untuk mempertahankan kehidupan bumi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar