Jumat, 20 Februari 2009

pengaruh gempa bumi di jepang

pengaruh gempa bumi di jepang

saat menjelang pagi pada 17 januari tahun 1995, kota kobe digemparkan dengan sebuah guncangan gempa bumi. guncangan hebat yang mencapai 7,2 skala richter. kobe adalah kota keenam terbesar di jepang. dan juga sa;lah satu pelabuhan terbesar dunia. hanya dengan beberapa menit saja, kobe menjadi pusat bencana gempa.
seberapa parahkah kerusakannya? gempa yang mejadi malapetka terburuk bagi jepng dalam kurunwaktu 72 tahun terkhir. menewaskan sebanyak 6,000 korban. sebanyak 35,000 luka-luka, dan hampir 310,000 menjadi cacat. sekitar 75,000 bangunan rusak atau hancur. total kerusakan menelan biaya sekitar 90 miyar dolar amerika.
bagaiman antisipasi penduduk jepang menghadapi gempa bumi? mereka berpikir untuk melakukannya. mereka mengharapkan sebuah gempa bumi yang besar menyerang satu kota utama mereka. tapi mereka tidak tahukapan, dimana, dan seberapa besar gempa bumi akan terjadi. para arsitek dan ahli teknikk percaya bahwa mereka telah mendisain bangunan anti gempa bumi, alat transportasi, dan pelayanan masyarakat. kota kobe dalm beberapa menit mendapat guncangan hebat yang menghancurkan keyakinan mereka.
apaa yang orang pelajari dari kejadian gempa bumi kobe? apa kesan yang didapat dari apa yang terjadi dengan risiko gempa bumi pada kobe yang tidak mendapatkan penanganan serius. sebagian orang percaya semuayang dilakukannya itu akan dapat mengurangi kerusakan. mereka mengusulkan seperti itu. semua pekerja seharusnya berada dalam bangunan anti gempa. dinding-dinding seharusnya dibangun untuk meindungi kota dari gelombang besar pada pantai.para tim sar yang telatih dan memberikan antisipasi yang cermat. warga kota seharusnya memahami terhadap apa yang harus mereka lakukan saat gempa bumi melanda.
suatu tantangan besar untuk melakukan hal itu adala biaya. negara jepang menemukan cara tersendiri menyeimbangkan biaya untuk menekan risiko suatu gempa bumi yang dahsyat.



Read More.. Read More..

hutan hujan trofis

mungkin kamu belum pernah masuk ke dalam hutan hujan trofis. mungkin kamu belum pernah merasakan suhu dalam seumur hidup yang mencapai 70 sampai 80 derajat. mungkin kamu belum pernah merasakan iklim dengan hujan lebat yang membawa lebih dari 80 inci air hujan tiap tahun. mungkin kamu tidak pernah melihat hijaunya daun canopy yang menutup birunya langit. mungkin kamu belum pernah berada disana.tapi hutan hujan trofis telah hadir untukmu.
saat kamu mencium harumnya kopi, makan sebuah pisang, atau meneteskan kayu manis dalam minuman bersulang. hutan hujan hadir untukmu. serbuk kopi,pisang, dan kayu manis, buah nanas yang panjang,mangga, dan coklat, semua itu berasal dari hutan hujan trofis. bahkan permen karet pun adalah asli dari sana. getah sawo, bahan untuk permen karet, berasal dari pohon pada hutan hujan.
hutan hujan trofis dapat ditemukan pada daratan dekat garis katulistiwa. seperti brazi dan malaysia. mereka mencakup sekitar 2 persen dari permukaan tanahnya.
cukup banyak obat dari tumbuhan yang tumbuh pada hutan hujan trofis. misalnya obat untuk sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.
para ahli berpendapat bahwa mungkin disana masih akan ditemukan bahan obat lainnya pada tumbuhan disana.

hutan hujan trofis menyimpan banyak keanekaragaman biologi. disana terdapat tiga perempat spesies tumbuhan dan hewan.
seperti sekitar 30 juta jenis serangga hidup disana juga.
tapi bumi aka kehilangan uutan hujannya. penebangan pohon oleh penebang liar. daratan hutan dihanguskan dengan api untuk membuka lahan pertanian dan peternakan. seperti halnya yang terjadi diseluruh virginia barat adalah pembukaan hutan setiap tahun. saat pohon itu tak ada. tumbuhan tiada.hewan-hewan pun akan punah. sedikit orang memperhatikannya. mereka yakin bahwa keberadaan hutan hujan penting sekali untuk mempertahankan kehidupan bumi.



Read More.. Read More..

Kamis, 19 Februari 2009

apakah sosiologi itu?

sosiologi adalah pelajaran tentang perilaku manusia didalam suatu kelompok. sarjana yang mempelajari ilmu ini disebut dengan sosiolog. mereka pelajari kehidupan manusioa mulai dari kelompok kecil. seperti keluarga. mereka pelajari juga dalam kelompok besar. seperti kota kecil ataupun kota besar. kadang mereka bahkan mempelajari kehidupan manusia dalam kelompok yang sangat besar seperti seluruh bangsa. mereka mencoba menanamkan rasa perikemanusiaan.
sosiolog mempelajari bentuk apa saja yang jadi penyebab terbentuknya kelompok dan apa yang yang terjadi dalam kelompok tersebut. misalnya, mereka mendalami suatu kelompok suku dan segala sesuatu yang dilakukan manusia dalam kelompok ini. mereka mendalami kehidupan dalam berbagai strata sosial. mereka mendalami pengetahuan dalam menjalankan struktur organisasi. misalnya penempatan tenaga kerja. mereka menganalisa sekolah. mereka mendalami tindakan kriminal dan segala penyebabnya. mereka mempelajari bagaimana kelompok itu tinggal bersama. mereka juga sekarang mempelajari mengenai perubahan kelompok.

sosiolog juga seringkali mendalami persamaan diantara ilmu sosial lain yang mereka pelajari. misalnya, sosiolog mempelajari kelompok selama pemilu. mereka bertanya kenapa suatu kelompok memilih seorang calon. pakar politik mempelajari kelompok yang sama. tetapi mereka mendalami sesuatu yang berbeda. mereka mndalami pola dalam memilih.
bagaimana sosiolog mempelajari kelompok? salah satu jalannya adalah dengan membuat sebuah model. model adalah sebuah teori. mo9del ini akan mencoba menjelaskan seluruh kehidupan sosial. sosiolog mendalaminya dari suatu hubungan keluarga. mereka akan mencoba menemukan sebuah pola. pola tersebut membantu mereka menjelaskan kehidupan seluruh kelompok.
cara lain untuk mempelajari suatu kelompok adalah dengan mengumpulkan informasi tentang mereka. sosiolog menggunakan teknik survey. mereka mengajukan beberapa pertanyaan. mereka menggunakan ilmu statistik. mereka melakukan penelitian ilmiah.
sosiologi adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. kita mengenal suatu kelompok di suatu tempat. kita mengenal siapa yang berada dalam kelompok kita. kita mengetahui aturan. ukuran kelompok yang bervariasi. dua orang makan bersama dalam suatu kelompok. kerumunan orang banyak adalah sebuah kelompok. sosiolog ingin tahu bagaimana pengaruh suatu kelompok terhadap kehidupan kita.


Read More.. Read More..

Jumat, 13 Februari 2009

apakah ilmu sosial itu?

menurut survey pada tahu 1987 telah terdapat 5,000 sekolah menengah pertama. survey itupun menunjukkan bahwa mereka tidak memahami geografi. para pelajar kota boston diberi pertanyaan. satu pertiga dari mereka tidak dapat menyebutkan enam nama kota bagian dari negara inggris. para pelajar kota baltimor diber pertanyaan. setengah daari mereka tadak dapat membuat bayangan negara amerika serika kedalam sebuah peta. disini pun terlihat apa yang survey lainnya tunjukkan. para pelajar tidak mengetahui sejarah. banyak yang tidak mengetahui kapan terjadinya perang saudara. beberapa tidak mengetahui pemimpin perang dunia ii.
seseorang diantara mereka menjawab pertanyaan berikut. apakah yang para pelajar pikirkan tentang ilmu sosial? jawabanya: ilmu sosial tidak begitu penting. mereka berkata kurang begitu penting pada pelajaran mereka.
apakah ilmu sosial itu? ilmu sosial adalah pelajaran tentang individu-individu. ilmu sosial juga adalah pelajaran mengenai kelompok-kelompok. ilmu ini juga adalah pelajaran tentang hidup bermasyarakat. ilmu sosial mencakup beberapa bidang. kamu bisa mengetahui tentang sejarah dan geografi. itu semua adalah bagian dari ilmu sosial. ilmu sosial mencakup beberapa bidang lain sebai sumbernya. anggaplah belajar kamu suatu jalan seseorang untuk hidup berdampingan dalam sebuah kelompok. seperti mempelajari pemerintahan.

apakah ilmu sosial penting? awalnya orang-orang amerika berpikir demikian. para pelajar lalu mempelajari sejarah dan ilmu kewarganegaraan. semua itu membuat mereka menjadi warga negara yang baik. mnurut laporan pada tahun 1916 menetapkan sebuah pencapaian sasaran baru. laporan itu mengatakan,”ilmu sosial seharusnya menanamkamkan kesadaran menjadi kelompok pada komunitas dunia.” komunitas dunia sangat luas. tapi hari ini semua itu mudah untuk bisa berbagi didalamnya. kita memiliki radio dan tv. kita mmemiliki telepon. kita memiliki komputer.
ilmu sosial membantu kita memahami semua warga dunia. ilmu sosial membantu kita mengetahui berbagai kelompok dan kemasyarakatan. pencapaian sasaran pada tahun 1916 begitu penting.pencapaian sasaran itu bahkan lebih penting untuk saat ini. kita semua berharap untuk bisa menjadi warga negara yang baik.

Read More.. Read More..

ibukota kerajaan inca

cuzco merupakan ibukota kerajaan inca yang terlletak di amerika selatan. kerajaan berdiri tahun 1300. kerajaan berakhir pada tahun 1532. pada puncaknya,kerajaan memiliki 12 juta orang. peru,ekuador, dan sebagian chili, bolivia, dan argentina bagian susunan kerajaan. kota cuzco adalah pusatnya. inca memperluas jalan kota mereka bagai roda jeruji. jalan-jalan memudahkan perjalanan dari empat penjuru kerajaan. jalan-jalan tersebut berbuahkan kekayaan kerajaan dengan perak dan emas untuk kota cuzco.
cuzco memiliki istana,kuil dan bangunan pemerintahan. bangunan penting terbuat dari bangunan batu berkualiatas baik. para arsitek inca merancang bangunan ini. tahap awal mereka membuatnya dengan model dari tanah liat. lalu mengerjakan penggalian berbentuk blok besar pada batu kapur dan granit didalam tanah. selanjutnya keahlian tukang batu memotong dan menyusun blok saling berkaitan. tukang batu membuat bentuk pada tiap-tiap batu tersebut. mereka menggunakan palu batu dan pahat perunggu.
seribu pekerja menarik blok-blok batu pada tempatnya. blok batu tersebut mencapai berat sekitar 20 ton. mewreka menggerakan blok batu tersebut menggunakan tali dan gelinding kayu. lalu mengangkat batu yang besar keatas dinding yang tinggi, para pekerja menyeretnya pada permukaan tanah landai. penduduk inca meaburikan pasir dan menggosokkannya pada blok-blok batu tersebut. blok-blok batu tersebut tersusun dengan sempurna. semua itu tak ada celah ataupun ruang. hanya sebuah garis yang tampak dimana blok-blok batu berpadu.

bangsa spanyol memnghancurkan seluruh kota cuzco pada tahun 1533. mereka membangun kota spanyol baru bekas kota cuzco. beberapa bangunan bekas bangunan inca digunakan kembali sebagai pondasi bangunan mereka. terkadang mereka batu-batu inca untuk membangun bangunan baru. mereka menggunakan emas dan perak dari kota inca untuk menghias gereja mereka. kerajaan sekarang telah punah, tapi keahlian penduduk inca dan kekayaannya akan selalu diingat.

Read More.. Read More..

Sebuah Pemisahan Terhadap Kekuasaan

Undang-undang amerika serikat telah lahir pada tahun 1787. status akhir memecahkan masalah terhadap perbedaan dan mensyahkan undang-undang tersebut pada tahun 1788.

james madison, seorang perumus undang-undang, menginginkan sebuah pemerintahan yang tangguh dengan tiga cabang. ketiga cabang ini memiliki kekuatan yang seimbang satu dengan lainnya.

cabang eksekutip adalah kantor seorang presiden.(termasuk didalamnya meliputi prediden ataupun kabinetnya). cabang ini menyelenggarakan hukum federal. termasuk mengangkat pejabat-pejabat federal. termasuk perjanjia dengan luar negeri.

presiden adalah komando angkatan bersenjata.

cabang yuridis meliputi mahkamah agung. juga meliputi pengadilan federal tingkat rendah. cabang ini juga memutuskan kasus-kasus hukum.

cabang legislatif membuat undang-undang. termasuk juga amandemen dan mencabut undang-undang serta pemungutan pajak.satu bagian pada cabang ini adalah dewan. termasuk didalamnya 100 anggota. setiap bagian sedikitnya memiliki dua anggota dewan. pada bagian lainnya adalah dewan perwakilan. badian ini memiliki 435 anggota. setiap bagian mengirim sebuah nomor perwakilannya berdasarkan pada jumlah populasinya.

berapa banyak perwakilan yang seharusnya berada disana? madison berkata jumlah yang seharusnya mampu mewakili tergantung berapa banyak orang yang hidup dalam suatu negara bagian. new jersy memiliki sedikit penduduk. penduduk tersebut tidak setuju. mereka berkata tiap negara bagian seharusnya memiliki jumlah perwakilan yang sama. orang-orang bersatu meminta berkompromi. mereka mengatakan cabang pembuat undang-undang seharusnya dibagi jadi dua bagian. bagian pertama,tiap negara bagian harus memiliki jumlah yang sama dalam keanggotaan. pada bagian lainnya, jumlah keanggotaan dari sebuah negara bagian harus bervariasi. egara bagian besar memiliki lebih banyak anggota. negara bagian yang kecil memiliki sedikit anggota.

Read More.. Read More..

Minggu, 08 Februari 2009

gua lascaux

membayangkan pencarian anjingmu yang hilang. kamu masuk kedalam sebuah gua. tapi bukannya anjing yang kau temui, kamu melihat keindahan ukiran gua. kamu melihat ukiran kuda,rusa dan bison. ukirannya berwarna hitam,coklat,merah dan kuning. pertanyaan awal yang mungkin akan kau tanyakan”apakah ukiran ini?”
itulah yang terjadi pada empat anak francis pada tahun 1940. mereka temukan gua lascaux(la skok). ukiran yang mereka temukan itu berumur sekitar 17,000 tahun. ukiran tersebut dibuat oleh manusia prasejarah yang di sebut cro-magnon.
cro-magnon sama seperti manusia sekarang. mereka menggunakan alat,seperti jaring ikan,itu tentu hal yang sudah umum. tapi seni mereka sangat luar biasa. gua utama lascaux disebut dengan ruang terhebat kota banteng. gua dengan ukiran banteng dan kuda dengan berbagai warna. adapun hewan terbesar mencapai panjang 18 kaki. begitupn halnya dengan hewan terkecil. semua itu meliputi bison,rusa jantan, dan beruang. semua itu terlihat aneh,berbintik,hewan bertanduk dua.

pada sebelah kiri gua utama adalah bagian termasyhur dalam ukirannya. bagian ini menggambar hewan beranekaragam warna. satu ukiran ada yang disebut kuda kecil. pada langi-langitnya terukir kuda dan sapi. keluarbiasaan pemandangan ini mungkin hanya ada dalam tugu orang mati. ini adalah sebuah badak, ukiran yang penuh kehati-hatian orang mati, bison yang terluka dan seekor burung.
mengapa seniman cro-manon melakukan ukiran indah dalam dinding gua? apa mereka menyerukan sebuah kekuatan sihir? apakah orang-orang cro-magnon mengharapkan keberuntungan dengan membuat ukiran tersebut? inilah satu hal dari sebuah ukiran yang seolah bercerita pada kita. cro-magnon memiliki sentuhan keajaiban tentang dunia. mereka berbakat dalam keindahan dan mereka tidak memahaminya.



Read More.. Read More..

apakah geografi itu?

geografi adalah sebuah bidang pelajaran yang sudah lama. geografi berawal dari negeri yunani. orang yunani menulis tentang keadaan alam sekitarnya. mereka mencatat semua benda yang berada dibumi ini. kata geografi berasal dari bahasa yunani. yang berarti “uraian keadaan bumi.”
para ahli bumi saat ini mulai menguraikan keadaan bumi. mereka menguraikan ukuran dari benua. mereka mempelajari lautan. mereka mengumpulkan data mengenai iklim. mereka memperhatikan tanaman dan kehidupan hewan. mereka selalu melihat untuk sebuah hubungan. hubungangan yang tak terbatas diantara semua itu. faktanya, suatu hubungan adalah yang terpenting dalam ilmu ini. mereka mencoba menghubungkan manusia dengan bumi.

para ahli bumi melihat hubungan antara manusia dan bumi memiliki empat arah. pertama, mereka berpikir tentang tempat. tempat yang berarti dimana manusia berada dan tinggal. tempat menjelaskan persis dimana sesuatu itu berada. tempat juga bisa menjelaskan jika sesuatu itu dekat atau jauh.
kedua, mereka memiliki hubungan dalam pelajaran. mereka menjadi tau bagaimana tempat tinggal mempengaruhi kehidupan manusia. mereka mencontohkan kenapa manusia dan benda harus berada dimana.
ketiga, mereka melihat tentang pergerakan. mereka mencatat bagaimana baiknya dan bagaimana manusia pinidah dari satu tempat ke tempat lain.
terakhir, mereka melihat pada wilayah. wilayah adalah tempat yang memiliki nama. wilayah adalah nama untuk sebuah pemerintahan. nama yang sesuai bahasa. mungkin juga nama kelompok religius. kadang juga dinamai dengan kelompok suku. mungkin juga dinamai bentuk daerah atau iklim.
peta dan globe adalah alat para ahli geografi. perhitungan sensus dan penyurveyan tanah juga merupakan alat mereka. seperti foto dan satelit. itu mampu mengetahui tentang tempat dari jauh.
ahli geografi mempelajari sesuatu benda. mereka mpempelajari iklim. mereka menguji tanah. mereka memperhatikan populasi. mereka mempelajari ekonomi. mereka mencatat bagaimana sesuatu berpengaruh terhadap yang laiannya. mereka berusaha bagaimana manusia dan bumi bisa saling terkait dengan baik.


Read More.. Read More..

Pasukan Romawi

kerajaan romawi merupakan sebuah kekuatan yang besar pada zaman dulu. walaupun pasukan romawi yang pertama tersusun dari warga biasa. pemuda yang menjadi pejuang. pria tua yang mempersiapkan senjata dan melindungi kota mereka. mereka sigap pada saat krisis dan perang. ketika suatu saat roma nembutuhkan pelatihan orang-orangnya, sebuah pasukan baru dengan waktu penuh,pembayaran prajuritpun terbentuk. para pria itu disebut legioner. legioner bergabung sebagai pasukan selama 20 tahun. mereka berlatih,berjuang, dan membuat jalan serta jembatan. legioner bergabung dalam grup yang disebut legion. suatu legion terbentuk sekitar 6,000 orang. sampai pada puncaknya pada kerajaan romawi, sekitar 27 sampai 28 legion yang membela kerajaan.
legioner berbekalkan senjata,pakaian,tenda,makanan dan periuk untuk memasak. mereka berbaris hingga 21 mil dalam sehari. ketika mereka menemukan sungai,mereka membangun jembatan.saat malam tiba mereka mendirikan tenda.
mereka menddirikan benteng untuk melindungi tenda dari serangan. mereka selalu mebuat jalan sehingga pasukan dapat bergerak diantara kota dan barak. sekitar 50,000 mil jalan raya telah dibuat. semua itu menghubungkan semua bagian dari kerajaan romawi. (sebagian jalan ini masih ada sampai sekarang).
suatu saat pasukan romawi menyerang sebuah kota. sebuah kota yang kuat dengan benteng yang terbuat dari batu tebal. dengan gerbang yang kokoh dan terbuat dari kayu. pasukan kota itu bertahan,melemparkan tombak dan menembakan panah dari atas benteng. penyerangan pasukan romawi menggunakan sebuah menara yang dapat gerakan. pasukan romawi mendorong menara kearah benteng musuh. lalu mereka menurunkan jembatan gantung dari menara keatas benteng. lalu pasukan romawi berbondong-bondong melewati jembatan untuk merebut kota musuh.
kerajaan romawi berada pada puncak kejayaannya. tidak ada yang menyaingi romawi,pasukan mereka, atau kerajaannya.kerajaan romawi tidak ada tandingannya

Read More.. Read More..

Selasa, 03 Februari 2009

Sejarah Valentine Day

Valentine day jatuh pada tanggal 14 Februari. Valentine day seakan-akan menjadi perayaan universal bagi seluruh umat manusia, tidak peduli latar belakang agamnya. Apakah ia beragama Islam, Kristen, Hindu, Budha, dll. Valentine day tak ubahnya hari maksiat sedunia. Kasih sayang yang ditawarkan tak ubahnya seperti racun yang dipolesi dengan manis oleh madu. Membunuh secara perlahan, dan kita terkadang tidak merasakannya.
Ada beberapa versi sejarah dari valentine day itu sendiri. The World Book Encyclopedia (1998) melukiskan banyaknya versi mengenai Valentines Day:
Some trace it to an ancient Roman festival called Lupercalia. Other experts connect the event with one or more saints of the early Christian church. Still others link it with an old English belief that birds choose their mates on February 14. Valentine’s Day probably came from a combination of all three of those sources–plus the belief that spring is a time for lovers?
Menurut enksiklopedia tersebut, beberapa sumber sejarah menyebutkan perayaan valentine day berasal dari perayaan Lupercalia yang merupakan rangkaian upacara pensucian di masa Romawi Kuno (13-18 Februari). Dua hari pertama, dipersembahkan untuk dewi cinta (queen of feverish love), Juno Februata. Pada hari ini, para pemuda mengundi nama nama gadis di dalam kotak. Lalu setiap pemuda mengambil nama secara acak dan gadis yang namanya keluar harus menjadi pasangannya selama setahun untuk senang-senang dan obyek hiburan. Pada 15 Februari, mereka meminta perlindungan dewa Lupercalia dari gangguan srigala. Selama upacara ini, kaum muda melecut orang dengan kulit binatang dan wanita berebut untuk dilecut karena anggapan lecutan itu akan membuat mereka menjadi lebih subur.
Ketika agama Kristen Katolik masuk Roma, mereka mengadopsi upacara ini dan mewarnainya dengan nuansa Kristiani, antara lain mengganti nama-nama gadis dengan nama-nama Paus atau Pastor. Di antara pendukungnya adalah Kaisar Constantine dan Paus Gregory I (lihat: The Encyclopedia Britannica, sub judul: Christianity). Agar lebih mendekatkan lagi pada ajaran Kristen, pada 496 M Paus Glasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi Hari Perayaan Gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati St.Valentine yang kebetulan mati pada 14 Februari (lihat: The World Book Encyclopedia 1998).
The Catholic Encyclopedia Vol. XV sub judul St. Valentine menuliskan ada 3 nama Valentine yang mati pada 14 Februari, seorang di antaranya dilukiskan sebagai yang mati pada masa Romawi. Namun demikian, tidak pernah ada penjelasan siapa St. Valentine itu, juga dengan kisahnya yang tidak pernah diketahui ujung-pangkalnya karena tiap sumber mengisahkan cerita yang berbeda.
Menurut versi pertama, Kaisar Claudius II memerintahkan menangkap dan memenjarakan St. Valentine karena menyatakan tuhannya adalah Isa al-Masih dan menolak menyembah tuhan-tuhan orang Romawi. Orang-orang yang mendambakan doa St.Valentine lalu menulis surat dan menaruhnya di terali penjaranya.
Versi kedua menceritakan bahwa Kaisar Claudius II menganggap tentara muda bujangan lebih tabah dan kuat dalam medan peperangan dari pada yang telah menikah. Kaisar lalu melarang para pemuda untuk menikah, namun St.Valentine melanggarnya dan diam-diam menikahkan banyak pemuda sehingga ia pun ditangkap dan dihukum gantung pada 14 Februari 269 M (lihat: The World Book Encyclopedia, 1998).
Kebiasaan mengirim kartu Valentine itu sendiri tidak ada kaitan langsung dengan St. Valentine. Pada 1415 M ketika the Duke of Orleans dipenjara di Tower of London, pada perayaan hari gereja mengenang St.Valentine 14 Februari, ia mengirim puisi kepada istrinya di Prancis. Kemudian Geoffrey Chaucer, penyair Inggris mengkaitkannya dengan musim kawin burung dalam puisinya (lihat: The Encyclopedia Britannica, Vol.12 hal.242 , The World Book Encyclopedia, 1998).
Lalu bagaimana dengan ucapan Be My Valentine? Ken Sweiger dalam artikel Should Biblical Christians Observe It? (www.korrnet.org) mengatakan, kata Valentine berasal dari bahasa Latin yang berarti: Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuat dan Yang Maha Kuasa. Kata ini ditujukan kepada Nimrod dan Lupercus, Tuhan orang Romawi. Maka disadari atau tidak - tulis Ken Sweiger - jika kita meminta orang menjadi “be my Valentine”, hal itu berarti melakukan perbuatan yang dimurkai Tuhan (karena memintanya menjadi Sang Maha Kuasa) dan menghidupkan budaya pemujaan kepada berhala.
Dalam Islam hal ini tentu termasuk Syirik, artinya menyekutukan Allah. Adapun Cupid (berarti: the desire), si bayi bersayap dengan panah, adalah putra Nimrod, the hunter (dewa Matahari). Disebut tuhan Cinta, karena ia rupawan sehingga diburu wanita bahkan ia pun berzina dengan ibunya sendiri


*Islam Center*
- nikmati proses hidup
- menyikapi valentine day
- sejarah valentine day
- kiat-kiat membangun kepercayaan dari orang lain
- islam di negeri matahai terbit



Read More.. Read More..

Menyikapi Valentine Day

Sejarah Valentine di atas menjelaskan kepada kita apa dan bagaimana valentine day itu, yang tidak lain bersumber dari paganisme orang musyrik, penyembahan berhala dan penghormatan pada pastor. Bahkan tak ada kaitannya dengan kasih sayang. Lalu kenapa kita masih juga menyambut hari valentine? Adakah ia merupakan hari yang istimewa? Adat kebiasaan? Atau hanya ikut-ikutan semata tanpa tahu asal muasalnya? Bila demikian, sangat disayangkan banyak teman-teman kita -remaja putra-putri muslim - yang terkena penyakit ikut-ikutan mengekor budaya Barat dan acara ritual agama lain. Padahal Allah SWT berfirman:
"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akan diminta pertangggungjawabnya?" (QS. Al-Isra’ [17]: 36).
Ikut valentine day berarti menghancurkan kepribadian dan karakter kita sendiri, kepribadian muslim. Maka dari itu jauhilah kebiasaan yang jahiliyah, yang dapat merusak kepribadian kita, merusak keIslaman kita. Jika generasi muda muslim telah rusak, maka Islam ini akan mudah dihancurkan. Kita sebagai muslim memiliki karakter dan kepribadian yang khas dan istimewa berdasarkan teladan Rasulullah SAW. Tanggung jawab kita adalah menyerap, mengamalkan dan memeliharanya. Jadi, mengapa harus mengambil kepribadian orang lain yang belum tentu baik, atau bahkan nyata keburukannya? Jauhilah dan say Good Bye! Wallahu A`lam.


*Islam Center*
- nikmati proses hidup
- menyikapi valentine day
- sejarah valentine day
- kiat-kiat membangun kepercayaan dari orang lain
- islam di negeri matahai terbit

Read More.. Read More..

Pentingnya Evaluasi

Setiap tindakan perlu evaluasi. Evaluasi membuat anda bisa tahu apa hasil dari tindakan anda. Apakah anda berhasil mencapai target atau tidak. Bila berhasil anda juga tahu apa factor-faktor keberhasilan itu. Dan bila gagal anda tahu apa factor-faktor kegagalan anda itu.
Lalu bagaimana? Anda dapat terus melakukan factor-faktor keberhasilan anda itu, dan meraih keberhasilan-keberhasilan juga. Anda juga dapat menghindari factor-faktor kegagalan anda, dan terhindar dari kegagalan yang sama. Itulah pentingnya evaluasi.




Read More.. Read More..

Jangan Berhenti Belajar

Belajar adalah aksi yang membuat BJ. Habiebie bisa diakui oleh dunia tentang kepintarannya membuat kapal terbang. Apa kunci sukses BJ. Habiebie ini? Jawabannya adalah tidak terlepas dari BELAJAR. Ia belajar sampai membentuk tindakan, kebiasaan, emosi, dan hasil yang baru. Misalnya ia telah membaca ratusan buku. Bayangkan ia telah berubah ratusan kali, perunahan yang terus meningkatkan mutunya.
Jadi anda bisa belajar untuk setiap situasi anda. Ketika anda sukses anda belajar, ketika anda gagal andapun tetap belajar. Jadi prinsip belajar adalah prinsip aksi yang membuat anda bertumbuh dan berkembang.
Inilah aksi yang dilakukan jepang. Namanya KAIZEN. Prinsip kaizen membuat bangsa jepang terus tumbuh. Mereka belajar pada amerika dan eropa. Mereka belajar membuat produk-produk yang lebih baik dari mereka. Dalam waktu singkat, setelah kehancuran jepang di perang dunia II, jepang menjadi raksasa dunia. Kuncinya adalah BELAJAR!



Read More.. Read More..

Hiduplah Untuk Memberi Sebanyak-Banyaknya


Inilah prinsip aksi yang hebat. Anda akan mencapai goal anda dengan memberi atau membantu orang lain mencapai goal-goal mereka. Hanya dengan memberi anda akan menerima. Anda pasti mengenal search engine no satu google. Lihatlah om google selalu memberi kemudahan pada pemakainya dan selalu memberikan layanan yang terbaik, sehingga banyak yang mengunakan jasanya dan pada akhirnya om google kebanjiran iklan dan jadi milyarder. Itulah bukti hebatnya memberi

Banyak yang ingin mencapai goal mereka tapi mereka tidak mau memberi, mereka hanya berpikir tentang mendapatkan, bukan memberi. Untuk orang yang demikian, Tuhan, orang lain bahkan alam semesta akan menjauh. Jadi bukannya semakin dekat dengan goalnya, justru semakin jauh. Hati-hati denagn orang yang seperti ini. Orang yang suka ditraktir tapi tidak mau mentraktir, orang yang suka minjam uang, lupa mengembalikan, orang yang suka menuntut tapi tidak bertanggung jawab. Saya yakin anda bukan bagian diantaranya, jadi berbagilah sebanyak-banyaknya.

Read More.. Read More..